Senin, 30 Mei 2016

Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing


Mengenal Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu

kebiasaan-kucing

Memiliki kucing adalah hal yang menyenangkan. Saat memutuskan untuk memelihara kucing maka tugas kita adalah merawatnya dengan baik.

Sebagai pemilik yang mencintai kucingnya, ada baiknya kita mengenal tingkah laku ataupun kebiasaan apa saja yang dilakukan kucing kita agar kita mengetahui apa yang dibutuhkan si kucing.

Beberapa pemula yang memelihara kucing pasti bingung dengan tingkah laku kucing yang terkadang diluar dugaan. Entah itu memakan kotoran, mencakar lantai ataupun yang lainnya.

Nah disini akan dijelaskan mengenai apa saja sih tingkah laku dan kebiasaan kucing kita yang lucu dan menggemaskan :


1. Menjilati Bulu Saudara atau Anaknya

Bagi kucing menjilati bulu bulu entah itu saudara ataupun anaknya adalah sebuah ungkapan tulus kasih sayangnya kucing. 

Bahkan mungkin sering kita menjumpai kucing saling menjilati satu sama lain yang itu menunjukkan bahwa mereka saling menyayangi.


2. Menjilati Tangan Kita

Itu juga bentuk kasih sayang kucing kepada pemiliknya hanya saja terkadang cara ini dilakukan kucing tidak sengaja.

Kucing mempunyai lidah yang kasar yang hanya cocok untuk menjilati bulu bulu saja.


3. Menjilati bulu-bulunya seusai dipegang manusia 

Ini adalah salah satu kebiasaan kucing, dia akan menjauh dan segera menjilati bulu bulu ditubuhnya setelah dipegang manusia. Disebut juga dengan Feromon bau khas kucing.

Bagi kucing bau manusia sangat tajam dan menyengat, dan ini dapat menghilangkan aroma cirikhas tubuh kucing sendiri. Agar tetap terjaga karakteristik dan penanda aroma kucing itu sendiri maka kucing segera menjilati bulu bulu di tubuhnya setelah dipegang manusia.


4. Memijat induknya ketika menyusu

Hal ini dilakukan ketika anak kucing lagi menyusu induknya sebagai rasa puas atau juga untuk mendapatkan aliran susu yang lebih banyak dengan cara mendorong dorong induknya ataupun memijat induknya.


5. Memijat Anda 

Seperti menjilat tangan anda, dengan cara memijit mijit anda merupakan salah satu ekspresi kucing yang menandakan bahwa ia puas dan bahagia memiliki anda sebagai majikannya.

BACA : Bila Ingin tau bagaimana cara agar kucing patuh dengan perintah kita?




6. Spraying atau kencing sembarangan

Kencing sembarangan biasanya dilakukan oleh kucing jantan yang mana dilakukan untuk menandai tempat yang dikencingi merupakan area kekuasaannya.

Kencing sembarangan juga bisa dilakukan kucing betina. Biasanya ini terjadi karena kucing betina hanya meniru kucing jantan saja.

Beberapa pemilik kucing yang mempunyai kebiasaan ini melakukan pengebiran agar tidak kencing sembarangan.


7. Mencakar pohon atau scratching

Biasanya kucing melakukan ini untuk mengasah ketajaman kukunya agar kukunya lebih kuat mencengkram mangsanya.




8. Kucing Mengeong

Kucing suka mengeong adalah respon yang diberikan sebagai tanda sosialisasinya berbicara bahasa kucing. Bisa jadi menyapa teman sesama kucing, meminta bantuan kucing lainnya. 

Bisa juga respon untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan entah temannya ataupun anda yang sedang mengajaknya berbicara.


9. Kucing suka tidur

Salah satu kebiasaan kucing adalah sehari bisa menghabiskan waktu tidur sekitar 16 jaman. Ini dilakukan untuk menambah tenaga yang bisa ia gunakan untuk berburu ataupun aktifitas yang lain.


10. Mengubur kotorannya

Ada 2 jenis perbedaan di dalam dunia binatang termasuk kucing didalamnya yaitu binatang alpha dan binatang inferior. Apakah itu?

Binatang alpha adalah binatang penguasa, biasanya ditandai dengan bentuk fisiknya yang lebih besar, tipe pemberani dan tangguh. Pada jenis binatang inferior adalah sebaliknya yaitu cenderung penakut.

Kucing yang memiliki sifat alpha biasanya melakukan spraying atau kencing bahkan buang air besar sembarangan yang menandai bahwa itu adalah daerah kekuasaannya.

Sebaliknya pada kucing yang inferior dia akan mengubur kotorannya agar tidak diketahui kucing alpha.


11. Marah kepada orang yang tidak dikenal

Biasanya dilakukan kepada orang asing yang belum dikenalnya, ini merupakan eksistensi diri kucing yang ingin terlihat dominan. Maka bagi yang mengenal kucing baru baiknya jangan menatap mata kucing secara langsung yang akan menimbulkan konflik.


12. Berdesis kepada burung

Jika melihat kucing berdesis ke burung itu tandanya ia merasa kesal karena tidak mampu menangkap burung yang bisa terbang.


13. Diam diam menangkap mangsa

Diam diam menangkap mangsa dilakukan kucing untuk penyamaran dan segera mencengkram agar tidak diketahui mangsanya.


14. Makan Rumput

Jangan merasa bingung apabila mendapati kucing sedang makan rumput. Tapi biasanya dilakukan oleh kucing kampung ataupun kucing liar yang terbiasa dengan alam bebas.

Bagi kucing itu adalah obat/ jamu untuk membersihkan racun dalam tubuhnya, biasanya setelah makan rumput tidak lama kucing akan memuntahkan kembali untuk mengeluarkan semua kotoran atau racun yang bercampur busa yang artinya tubuhnya sudah bersih dari racun.


15. Melompat lompat untuk mendapatkan makanan.

Salah satu ekspresi kucing dalam mendapatkan makanan ia akan meloncat loncat dan mengambil sudut yang terbaik lalu meloncat untuk mendapatkan makanan dalam cengkramannya.


16. Sebelum dibunuh, kucing memainkan mangsanya

Kucing tidak akan segera membunuh mangsanya sebelum dibuat mainan terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena kucing merasa hal ini adalah hal yang langkah atau hebat baginya.

Kucing ingin menikmati moment yang lebih lama dengan bersenang senang dengan hasil tangkapannya.

Bisa juga dilakukan oleh sang induk untuk berbagi kebahagiaan dengan membawakan oleh oleh mangsa yang masih hidup buat buah hatinya untuk dimakan bersama.




17. Marah dengan mendesis

Bagi kucing, ular adalah hewan yang sangat berbahaya dan mematikan dengan bisanya. Maka kucing mencoba meniru ular dengan cara mendesis ketika marah. Dan cara ini dilakukan kucing untuk menakuti lawannya.


18. Menggosokkan badannya di kaki kita atau benda tertentu

Ini dilakukan kucing sebagai rasa kepemilikannya. Misal menggosok badannya di kaki anda itu pertanda dia merasa anda adalah miliknya.

Begitupun juga beberapa benda tertentu, dengan menggosokkan bulunya di benda tersebut maka dia memberikan sinyal melalui feromon bau khas yang dimiliki kucing bahwa itu adalah miliknya.

Dan ini biasanya dilakukan kucing dengan type alpha.


19. Mengeong ke anda

Ini adalah cara kucing untuk mencari perhatian kepada anda. Cara ini dilakukan biasanya ketika ia merasa lapar ataupun lagi ingin disayang, maka ia akan mengeong manja kepada anda.


20. Aktif di malam hari

Bagi kucing malam hari adalah waktu yang tepat untuk berburu. Karena pada waktu malam hari mata kucing lebih tajam dan sangat jelas dibanding manusia.

 

21. Dengan memanggilnya Puss maka kucing datang

Kucing merasa namanya adalah puss, maka saat anda memanggilnya puss ia akan datang menghampiri anda. 

Maka berilah nama khusus untuk kucing anda dan biasakan untuk memanggil nama itu sedari kecil agar terbiasa ia mendengar dan datang kepada anda ketika anda memanggilnya.


22. Memakan ari-arinya

Sering kita lihat bahwa kucing akan memakan ari arinya ketika ia sudah melahirkan, ini dilakukan sebagai menambah energi seusai melahirkan dan juga sifat kucing yang pembersih.

Setelah melahirkan kucing tidak hanya memakan ari-arinya tetapi juga menjilati sisa darah yang menempel pada kemaluannya dan juga menjilati bekas darah yang menempel pada tubuh anaknya sampai bersih.


23. Memakan Kotorannya Sendiri

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, bisa jadi tidak menyadarinya bahwa kucing bisa saja memakan kotorannya sendiri. Tetapi ini jarang dilakukan kucing kecuali tidak ada makanan sama sekali. 

Yang pasti kucing memakan kotorannya sendiri ketika ia membersihkan tubuhnya dengan cara menjilatinya sampai pada kemaluan ataupun duburnya sendiri sampai bersih. Dengan seperti itu sama saja kucing memakan kotorannya sendiri.


24. Kucing suka Ikan


Sebenarnya kucing tidak hanya menyukai ikan saja, tetapi kucing juga menyukai ayam ataupun daging sapi. Kebiasaan kucing adalah menyukai makanan yang berbau amis.


25. Memakan anaknya sendiri
  Bila kucing betina yang memakan anaknya sendiri itu biasanya dikarenakan fisik anaknya yang ringkih, lemah dan berpenyakit, maka induknya akan memakan anaknya sendiri agar agar tidak menulari anaknya yang lain.

Beda bila yang melakukannya adalah kucing jantan yang mana biasanya adalah sengaja memakan anaknya untuk niat jahat. Biasanya yang dimakan anaknya yang lelaki, mungkin saja ini dilakukan agar kelak saat dewasa tidak ada yang menyainginya.


26. Induk kucing menggigit leher anaknya
Cara kucing menggendong anaknya dengan penuh kasih sayang adalah dengan menggigit leher anaknya. Ini dilakukan untuk memindahkan anaknya ke tempat yang lebih baik dan aman.


27. Suka Mondar Mandir
Ada beberapa hal yang menyebabkan kucing suka mondar mandir. Bisa jadi kucing mondar mandir karena kelaparan atau sekedar mencari tempat yang nyaman untuk tidurnya.


Bisa juga dilakukan saat kucing ingin kawin ataupun melihat lawan jenisnya maka mondar mandir adalah salah satu bentuk kucing mencari perhatian.

28. Suka Melihat Kita

Kucing adalah binatang yang selalu penasaran. Kucing melihat kita adalah bentuk rasa penasaran dengan apa yang akan kita lakukan untuknya. Maka ini yang akan membuat kucing membuntuti kita dimanapun kita berada


29. Menggigit Kukuknya
Menggigit kuku adalah salah satu cara kucing untuk membersihkan kotoran yang ada di kukunya dan mempertajam kukunya agar dapat mencengkram musuhnya dengan baik.


30. Menggerakkan Ekor


Ini adalah salah satu bentuk ekspresi kucing yang sedang bahagia. Coba anda ajak bermain atau sekedar mengusap bulu bulunya maka kucing anda akan menggerakkan ekornya.



Dengan ini pasti anda sudah tidak penasaran lagi dengan tingkah laku ataupun kebiasaan kucing anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengenal sifat kucing anda lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar