Jumat, 27 Mei 2016

Penyebab Mengatasi Bulu Kucing Rontok

11 Penyebab Dan Bagaimana Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

bulu-kucing-rontok

Bulu bulu kucing yang panjang, lebat dan halus adalah salah satu cirikhas kucing yang membuat kita semakin gemas melihatnya.

Tapi apa yang terjadi bila bulu bulu kucing yang kita sayangi rontok? pasti akan membuat sedih dan bingung bagaimana cara mengatasi bulu kucing rontok.

Bulu Kucing Rontok bisa dikarenakan oleh beberapa faktor yang mana ini mungkin dari kita tidak mengetahuinya.

Dibawah ini adalah Penyebab-penyebab yang membuat bulu kucing rontok :


#Keadaan Normal

Bulu kucing rontok adalah hal yang wajar terjadi, seperti misal kucing anda lagi mengalami masa reproduksi/ birahi. Adalah saat saat hormon estrogennya meningkat dan memicu terjadi kerontokan.

Bisa juga saat hamil, biasanya bulu kucing rontok pada area puting yang memerah karena sudah mulai proses memproduksi asi untuk anak yang akan dilahirkan nanti.

Bulu kucing rontok secara alami karena regenerasi bulu bulu baru yang menggantikan bulu bulu lama.


Tapi berikut ini adalah beberapa yang perlu diwaspadai apabila bulu kucing rontok secara berlebihan, yang mana bisa merusak kesehatan bulu bulu, kulit kucing itu sendiri. 

Dan yang pasti bulu kucing rontok bisa mengakibatkan kebotakan yang membuat pesona kelucuan kucing yang kita sayangi hilang.


Adapun penyebab bulu kucing rontok yang lainnya beserta cara mengatasinya :


1. #Kurang Gizi

Bisa disebabkan kurangnya asupan gizi yang dikonsumsi oleh kucing kita. 

Seperti halnya manusia, kucing juga membutuhkan gizi dan vitamin yang lengkap seperti vitamin A, E, begitupun juga protein yang baik.

Cara Mengatasinya :

Adalah dengan cara memberi pakan yang baik yang memenuhi kebutuhan nutrisi kucing anda. 

Kucing membutuhkan protein 30%, jika anda merasa makanan yang anda berikan tidak bisa memberi protein yang cukup maka berikan suplement vitamin yang terpisah yang bisa anda campurkan dengan makanannya saat kucing anda makan.



2. #Kelebihan Vitamin

Apapun yang berlebihan juga tidak baik, begitupun juga sebaliknya, kekuranganpun juga sama tidak baiknya. Berikanlah takaran yang pas dan cukup.

Apabila kucing anda mengalami obesitas dan mengalami kerontokan pada bulu bulunya, ini bisa dikarenakan kelebihan gizi atau vitamin.

Cara Mengatasiny :

Adalah memberikan takaran gizi, vitamin ataupun protein yang cukup sesuai takaran dan tidak berlebihan.

3. Dipengaruhi Suhu

Yang menyebabkan bulu kucing rontok adalah salah satunya karena menyesuaikan dengan suhu udara di sekitarnya.

Bisa jadi rontok karena suhu udara yang panas membuat kucing yang secara otomatis meresponnya agar suhu tubuhnya tidak terlalu panas. Kondisi seperti ini disebut juga termoregulasi.

Cara Mengatasinya :

Taruh kucing anda ditempat yang sejuk atau ber AC


4. #Tidak Cocok dengan Produk Mandi

Bisa jadi Bulu kucing rontok disebabkan oleh shampo yang berbusa banyak yang biasanya mengandung detergen yang tinggi.

Jika kucing anda tidak cocok dengan jenis shampo yang digunakan ini bisa menyebabkan iritasi pada kulitnya dan membuat kucing rontok.

Cara Mengatasinya :

Coba mengganti produk shampo kucing anda yang mengandung sedikit detergen. Bisa anda konsultasikan kepada dokter hewan langganan untuk memakai merk shampo apa yang baik.


5. #Kutu dan Pinjal 

Kutu berbeda spesies dengan Pinjal. Tapi keduanya merupakan parasit yang merugikan. Biasanya sarang mereka ada pada permukaan kulit ataupun bulu bulu kucing.

Seperti kutu pada umumnya pinjal pun juga sama, cara mereka untuk bertahan hidup adalah dengan cara mengambil nutrisi kucing melalui rongga kulit.

Ini yang bisa mengakibatkan bulu kucing rontok karena kerusakan struktur kulit yang disebabkan oleh kutu ataupun pinjal.

Cara Mengatasi :

Dengan memberi shampo yang diformulasikan khusus untuk membasmi parasit. Shampo ini sudah banyak tersedia dan dijual di petshop terdekat. Coba untuk menanyakan kembali kepada penjual.


6. #Karena Tungau

Tungau adalah binatang kecil, berbeda dengan kutu, model tungau lebih seperti laba-laba namun berukuran sangat kecil, hidup dan membuat rongga pada jaringan kulit.

Jenis Tungai yang menyerang kucing biasanya jenis Demodex dan scabies. Jika dibiarkan penyebarannya akan bertambah parah karena akan mengakibatkan kulit kucing menjadi korengan.

Cara Mengatasinya :

Bisa anda berikan Ivermectin, tapi lebih baik jika anda konsultasikan dengan dokter hewan langganan anda untuk mengobatinya dengan tepat. 


7. #Disebabkan Jamur

Jamur bisa tumbuh dengan subur didaerah yang lembab. Jika dibiarkan tumbuh dan menyebar ini akan membuat kerusakan kulit dan bulu kucing rontok.

Pada jenis kucing yang mempunyai bulu yang lebat dan panjang rentan terkena jamur dibanding kucing yang berbulu pendek seperti kucing kampung.


Cara Mengatasinya :

Usahakan suhu udara disekitar kucing sejuk dan kering, bisa dengan cara meletakkan kucing diruangan ber AC.

Mandi dengan shampo khusus untuk membasmi jamur. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan hairdryer dan pastikan benar benar kering agar tidak ada lagi jamur yang menempel.

Sumber Foto : www.tazesirucats.com

8. #Penyebab Hormonal 

Tidak hanya terjadi pada manusia saja, kucing pun bisa mengalami kebotakan ditandai bulu kucing rontok banyak pada area tertentu yang disebabkan oleh gangguan hormon adrenal.

Cara Mengatasinya :

Penanganan yang tepat adalah dengan mengkonsultasikan dan mengobatinya di dokter hewan anda.

9. #Alergi

Kucing tidak hanya membuat alergi pada manusia, tetapi kucing juga bisa terjangkit alergi karena beberapa faktor yang dapat menimbulkan bulu kucing rontok. 

Bisa jadi pemicunya karena obat, makan, vaksin ataupun hal lainnya, sering tidak kita ketahui kalau tidak dilakukan pengamatan khusus apa yang menjadi penyebabnya. 

Cara Mengatasinya :

Konsultasikan dengan Dokter hewan karena diagnosa tidak bisa diputuskan sendiri oleh kita kecuali yang sudah ahli di bidangnya.


10. #Masa Kemoterapi atau dalam Masa Pengobatan

Dalam masa pengobatan kemoterapi pada manusia bisa mengakibatkan rambut rontok bahkan sampai gundul. 

Hal ini terjadi juga pada kucing, biasanya akan kembali tumbuh bulu bulunya setelah menyelesaikan masa kemoterapi ataupun menyelesaikan masa pengobatan.

Cara Mengatasinya :

Dalam masa ini harus lebih bersabar, karena untuk menumbuhkan bulu bulu kucing kesayangan anda juga membutuhkan proses.


11. #Autoimunitas 

Biasa disebut autoimun adalah penyakit yang serba kompleks dan bekerja secara sistemik yang mengganggu daya tahan tubuh pada kucing dan mengakibatkan bulu kucing rontok.

Cara Mengatasinya :

Baiknya konsultasikan kepada dokter hewan langganan anda untuk mengobati dengan tepat.



BACA : HUMOR Beli Kucing Persia yang bakal buat anda tertawa





2 komentar: