Kamis, 19 Mei 2016

Anak Kucing Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir


anak-kucing-baru-lahir

Pernah menjumpai anak kucing baru lahir dan melihat induk kucing yang tak mau menyusui anaknya karena sakit baru melahirkan?

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, berikut ini ada beberapa informasi tentang kucing setelah melahirkan.


Kurang lebih enam jam Induk kucing yang barusan melahirkan tak akan meninggalkan tempat atau kandang yang dibuat melahirkan anaknya. 


Apabila ternyata induk kucing meninggalkan tempatnya tadi maka induk tadi bertujuan untuk mencari makanan atau air minum bagi anak-anaknya.


Setelah induk kucing tadi menemukan persediaan makanan atau air untuk anaknya, maka ia akan kembali ke tempatnya melahirkan anaknya lalu membersihkan anak kucing yang ia lahirkan hingga bersih. 


Apabila ternyata tidak bersih, dan terdapat sisa plasenta yang masih menempel...


Nah disini anda sebagai pemilik kucing harus melakukan beberapa cara merawat anak kucing baru lahir sebagai berikut ini:


1. Cobalah menaruh anak anak kucing selalu berdekatan dengan induknya

 
Hal ini dilakukan agar induk kucing dapat membersihkan sisa-sisa plasenta yang menempel pada anak yang dilahirkannya dengan sempurna dan membuat induk kucing mau mengurusi anak-anaknya kembali. 


Karena apabila masih terdapat sisa plasenta yang sudah mulai mengering pada anak kucing, biasanya induknya tak mau mendekat.


2. Menggunting sisa plasenta atau ari-ari yang menempel 

 
Cara merawat anak kucing yang baru lahir selanjutnya yaitu dengan membersihkan sisa plasenta yang menempel pada anak kucing. 


Hal ini dilakukan apabila induk kucing membersihkan sisa plasenta tapi masih tidak bersih atau bisa juga sang induk kucing tak mau mendekat pada anaknya.

Induk kucing tidak mau mendekat pada anaknya karena anak kucing yang kontak langsung dengan manusia akan berbau manusia dan itu akan membuat induknya tidak mau mengurus bayinya. 


Maka gunakan sarung tangan dari bahan plastik yang sekali pakai langsung buang atau kain yang lembut lalu gunting sisa ari-ari.

Sisa plasenta atau ari-ari ini cukup berbahaya apabila segera tidak dibersihkan karena akan menyebabkan anak kucing kesulitan bernafas. 


Ada beberapa kasus jika anak kucing sering dipegang manusia dan sang induk kucing kurang makan.maka menyebabkan anak kucing yang baru lahir gampang sakit karena kekurangan asupan gizi atau susu dari induknya. 


3. Menyediakan Selendang atau Media untuk Menghangatkan Tubuh Anak Kucing

 
Cobalah memberi suatu media untuk menghangatkan anak kucing, anda bisa menggunakan selendang atau handuk yang bersih. 


Pastinya semua dilakukan setelah membersihkan badan anak kucing hingga tak terdapat kotoran yang menempel di tubuhnya. 

Anda bisa menaruhnya di kandang yang beralaskan kain yang lembut serta berikan lampu pijar agar kehangatan tubuhnya anak kucing baru lahir tetap terjaga.


4. Membantu Memberi Susu pada Anak Kucing

 
Usahakan memegang anak kucing yang baru lahir yang berusia 1 bulan kebawah menggunakan alas tangan atau selendang. 


Hal ini berguna untuk meminimalisir bau manusia yang menempel pada anak kucing. Dan ini yang menyebabkan juga induk kucing yang acuh tak acuh pada anaknya sehingga tidak mau menyusui anaknya yang baru lahir.

Apabila sang induk tidak mau menyusui anaknya, anda bisa mensiasatinya dengan  memberikan susu yang diformulasikan khusus kucing agar gizi pada anak kucing baru lahir dapat terkontrol dengan baik. 


Susu kucing bisa didapat di petshop terdekat. Usahakan saat memasak air, harus benar-benar matang agar kuman didalamnya bisa mati. Untuk pemberian susu sendiri, anda bisa menggunakan pipet kecil.

anak-kucing-baru-lahir
anak-kucing-baru-lahir

5. Perhatikan Kebersihan Tubuh Anak Kucing Baru Lahir

 
Agar tidak mati, tips lainnya saat merawat anak kucing yang baru lahir yakni dengan selalu memperhatikan kebersihan anggota tubuhnya terutama di area tali pusar dan anus. 


Karena dibagian area tersebut sering kotor dan tempat berkumpulnya kuman atau bakteri berkembang, dan itu yang membuat anak kucing mudah terserang penyakit.


6. Perlunya Melatih Pergerakan Dengan Seksama

 
Tidak hanya memberi susu dan makanan khusus kucing yang telah beranjak umur 3 minggu, anda dapat melatih otot serta syaraf pada anak kucing tersebut. 


Caranya adalah dengan memberi bandul atau bola agar hewan peliharaan lebih atraktif dalam bergerak. 

Selain itu, anda juga bisa membelai atau mengelus dengan lembut agar anak kucing lebih nyaman dan merasa diberikan perhatian dan kasih sayang.


Setelah membaca informasi ini, semoga dapat mengatasi permasalahan tentang bagaimana cara merawat anak kucing baru lahir. Apabila ragu untuk melakukannya, cobalah konsultasi dengan dokter hewan terdekat anda.



Gambar anak kucing lucu disini tempatnya

1 komentar: