Minggu, 29 Mei 2016

Cara Melatih Kucing Menuruti Perintah

Bagaimana Cara Melatih Kucing Menjadi Penurut Kepada Pemiliknya

cara-melatih-kucing-menuruti-perintah

Pada beberapa orang yang baru memutuskan untuk memelihara kucing menjadi bingung diawal bagaimana cara melatih agar mau menurut dengan pemiliknya


Mempunyai kucing adalah suatu hobi yang menyenangkan jika kita mempunyai jiwa penyayang binatang. Maka bukanlah hal yang sulit bagi kita untuk melatih kucing agar mau menuruti apa perintah kita.


Kucing terdiri dari bermacam jenis / ras menentukan bagaimana bentuk wajahnya yang lucu, bagaimana lebat bulu bulunya, bagaimana karakter kucing juga menentukan mudah atau tidaknya dilatih untuk mandiri atau menuruti perintah kita.


Tergantung dari selera kita yang menentukan lebih menyukai jenis kucing yang mana untuk kita pelihara. Beberapa jenis kucing mempunyai sifat yang tenang dan kalem seperti kucing persia cenderung mudah untuk melatihnya.


Beda dengan misal kucing kampung yang cenderung aktif, bahkan cenderung liar karena tidak dipelihara dan dilatih dengan baik.

Apapun jenis kucing yang kita pelihara sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk melatihnya mandiri atau patuh dengan perintah kita, asal kita telaten dengan sabar mendidik dan melatih kucing kita dengan baik.


Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melatih kucing agar menuruti perintah kita adalah :


1. Memelihara kucing sejak kecil

Memelihara dan melatih kucing sejak kecil lebih mudah dibanding ketika sudah besar yang sudah mempunyai karakter yang kuat. 

Ketika kucing besar sudah mempunyai kebiasaan sendiri yang mana mungkin itu bertentangan dengan keinginan kita, bisa menjadi hal sulit bagi kita untuk melatihnya apalagi menuruti apa perintah kita. 

Bisa saja bila kita ingin memaksakan diri melatih kucing yang sudah besar tapi butuh extra kerja keras dan extra kesabaran untuk mendidik kucing mandiri atau mematuhi perintah kita.

Maka baiknya memelihara dan melatih kucing dengan mudah ketika kucing masi kecil ketika bayi ataupun sesudah masa penyapihan. 




2. Memberi Makan dan minum

Ketika anda memutuskan merawat kucing adalah kewajiban anda untuk rutin memberinya makan dan minum pagi, siang, sore hari. Jangan sampai anda menelantarkan dan telat memberinya makan, jangan sampai pula kucing anda merasa kelaparan.

Dengan memberikan hak kucing berupa makan dan minum secara teratur, kucing akan merasa anda perhatikan dan memberikan kasih sayang sepenuhnya. 

Dengan ini maka kucing tidak akan mencuri ataupun mengambil makanan sembarangan ketika ia lapar, karena kebutuhan pangan sudah anda penuhi dan rutin diberikan. 

Ini akan menjadi dampak jangka panjang kucing menjadi ketergantungan kepada anda dan menuruti apa perintah anda.


3. Membuang Kotoran

Mudah sekali melatih kucing membuang kotoran pada tempatnya jika kita mendidiknya sedari kecil agar selalu diingat dan menjadi kebiasaan hingga dewasa nanti.

Sediakan toilet khusus atau bak berisi pasir khusus kucing, dan amati ciri ciri ketika kucing mau buang air kecil ataupun buang air besar, misal menggaruk lantai. 

Untuk diawal ketika mendapati kucing ada tanda tanda mau buang hajat antar dan letakkan kucing pada toilet khusus tadi sekitar 15 menit seusai makan, agar dia memahami bahwa tempat kotoran berada disitu.

Lakukan dengan sabar sampai ia terbiasa melakukan buang hajat di tempat khusus yang sudah anda sediakan untuk tempat kotorannya.


4. Ajak Bermain dan Bercanda

Tidak hanya memberikan makan dan minum saja. Bentuk perhatian bisa berbagai macam caranya. 

Agar kucing anda lebih menyayangi dan lebih patuh kepada anda, ajaklah bermain misal bermain bola, mengajaknya berlari kecil ataupun menyediakan mainan khusus kucing yang banyak disediakan di petshop.

Ajaklah bermain dan bercanda bersama, disini juga jadi kesempatan anda untuk melatih dan memerintahkan kucing anda dengan hal kecil, misal menyuruhnya mengambil bola.


5. Lakukan Berulang

Tidak ada yang instan, cepat ataupun lambat semua membutuhkan proses, begitupun melatih kucing anda agar patuh dengan perintah anda. Lakukan dengan penuh kesabaran dan berulang hingga ia terbiasa sampai dewasa nanti.

Lakukan hal kecil dan ulangi terus, panggil dia dengan nama kesayangan ketika mau mengajaknya bermain atau sekedar memberinya makan, agar ia juga mengetahui siapa namanya dan akan datang kepada anda ketika memanggilnya.

Perintahkan hal kecil lainnya secara berulang seperti mengajaknya tos, bersalaman, atau menyuruhnya duduk.


Demikianlah Informasi bagaimana cara melatih kucing menjadi penurut. Tidak ada yang susah jika anda sayang dan telaten untuk mendidiknya sesuai apa yang anda harapkan, tapi semua tetap membutuhkan proses. 

Yakinlah bahwa anda dan kucing anda bisa melakukannya, karena kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang cerdas dan setia kepada pemiliknya.


BACA: Apakah Kucing Mengalami Menstruasi?

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar